Cara Mengatasi Layar Sentuh Smartphone Tidak Respon

Cara Memperbaiki Layar Sentuh Smartphone Tidak Respon - Disaat ini tentunya memiliki hp android sudah tidak asing lagi, dimana generasi-generasi awal layar sentuh lebih didominasi PDA dengan sistem operasi symbian, windows, blackberry, iPhone dan vendor-vendor lainnya dengan OS masing-masing yang dikembangkan, banyak dari kita kini sudah tidak bisa melepaskan diri dari penggunaan smartphone dalam kehidupan sehari-hari.

Tips Cara Mudah Memperbaiki Touchscreen yang Tidak Sensitif atau di Klik

Pemakaian teknologi baru tentunya akan menemukan permasalahan baru dan salah satu yang paling sering dialami mereka yang memiliki hp layar sentuh yakni bermasalah pada bagian layar sentuhnya, karena itu saat ini saya akan memberikan beberapa tips untuk mengembalikan layar sentuh smartphone sobat bisa menjadi lebih baik dalam artikel Cara Mengatasi Layar Sentuh Smartphone Tidak Respon ini.

Tidak hanya untuk sekedar dipakai sebagai alat komunikasi, penggunaan smartphone pun disaat ini dapat dipakai untuk bekerja, membuat agenda, menulis hingga menjadi salah satu sarana hiburan, diantaranya dengan bermain gim.
Cara Mengatasi Layar Sentuh Smartphone Tidak Respon
Cara Mengatasi Layar Sentuh Smartphone Tidak Respon

Namun, terkadang smartphone akan memiliki beberapa kendala karena pemakaian secara rutin, diantaranya kendala yang kerap sekali muncul adalah pada bagian layar sentuh atau touchscreen dari ponsel itu sendiri yang fungsinya sangat vital dan tentunya sangat menggangu, sehingga kurang responsif jika disentuh atau macet tidak memberikan respon.

Jika sobat mengalami permasalahan tersebut, berikut ini beberapa tips bagaimana cara mengatasi agar kesensitifan layar dapat bekerja dengan baik lagi atau normal.

1. Bersihkan RAM

Salah satu yang sering menjadi penyebab utama dari layar sentuh ponsel sering mengalami 'macet' biasanya terdapat pada bagian RAM yang sudah mengalami over kapasitas kerja atau sudah terbebani pemakaian aplikasi sehari-hari yang biasanya multitasking dan lupa menutup software sehingga RAM terus bekerja.

Saat ini tentunya sangat jarang seorang pemilik smartphone hanya menjalankan 1 aplikasi ditambah lagi dengan gim (game) yang terlalu banyak maka kapasitas RAM yang terbatas akan berkurang performa kerjanya, hal ini lah yang menjadi salah satu alasan mengapa RAM ponsel harus sering dibersihkan.

Walau saat ini sudah ada aplikasi yang dapat bekerja secara otomatis ada baiknya melakukan perawatan secara manual agar RAM tidak mengalami over kinerja, sehingga akan mengakibatkan berkurangnya kemampuan kerja.

Ingatlah untuk selalu menghapus aplikasi atau gim yang gagal di install atau kamu rasa kurang penting penggunaannya atau bahkan tidak pernah sama sekali dibuka dan tidak dimainkan lagi. Salah satu cara termudah dengan memakai aplikasi task manager untuk mematikan aplikasi yang berjalan di dalam smartphone, karena terkadang ada aplikasi yang sudah ditutup namun tetap bekerja dibelakang layar.

2. Restart Perangkat

Me-restart smartphone dipercaya dapat juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi berbagai permasalahan, hal ini biasanya dilakukan tidak hanya di perangkat Android saja, di sistem operasi yang berbasis Windows dan iOS pun hal ini sering menjadi salah satu jurus terakhir untuk mengatasi permasalahan layar sentuh yang macet.

3. Gunakan Kalibrasi

Hal ini memiliki tujuan untuk mengembalika penyesuaian pada settingan layar sentuh dengan kesensitifan sentuhan jari yang di sediakan oleh developer perangkat. Berhubung setiap sistem operasi memiliki langkah tersendiri untuk melakukan kalibrasi, bagi kamu yang menggunakan Android bisa menemukan fitur kalibrasi ini di menu pengaturan pada gadget sobat.

4. Ganti Launcher

Pertimbangkanlah untuk mengganti launcher yang dipakai handphone sobat, misalnya dengan memasang salah satu launcher terbaik berikut ini yang sering menjadi pilihan utama, berikut ini diantaranya: Apex Launcher Android, Nova Launcher, Launcher EverythingMe, Google Now Launcher, Buzz Launcher, Smart Launcher 2, Nokia Z Launcher – Z Launcher Beta, Next Launcher, Action Launcher 3, ADW Launcher, GO Launcher Z, Transparent Screen Launcher, Launcher 8 – WP Launcher, Mini Launcher, Holo Launcher, atau launcher lain yang menurut Anda menarik.

Dengan melakukan perbaikan dengan cara-cara ini, seharusnya layar ponsel sobat sudah dapat dipergunakan kembali, sekian artikel mengenai Cara Mengatasi Layar Sentuh Smartphone Tidak Respon semoga dapat membantu dalam memperbaik layar monitor hp yang tidak respon atau ketika di klik menjadi sedikit ngaco karena membuka program yang tidak diinginkan.

Jika layar sentuh smartphone tetap mengalami kerusakan layar sentuh android tidak berfungsi sebagian atau tetap mengalami beberapa masalah berikut ini, layar sentuh rusak sebagian, cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon, layar sentuh tidak berfungsi sama sekali, cara memperbaiki layar sentuh hp, cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian, kalibrasi layar sentuh android, cara memperbaiki layar sentuh yang pecah, ada kemungkinan memang sudah saatnya layar monitor sobat untuk diperbaiki.

Baca Juga